Konsentrasi baru: Sains Data

Untuk merespon perkembangan keilmuan dan kebutuhan profesional di bidang pengolahan big data, Program Magister Teknik Informatika membuka konsentrasi baru, yakni Sains Data. Konsentrasi ini diselenggarakan  bekerja sama dengan Program Studi Statistik  UII. Pembahasan konten kurikulum konsentrasi Sains Data juga melibatkan praktisi sekaligus founder PT. Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, PhD., yang telah lama berkecimpung dalam dunia big data, baik di sektor swasta maupun pemerintahan.

 

 

Kurikulum konsentrasi Sains Data terdiri dari 4 mata kuliah umum, 7 mata kuliah konsentrasi, dan tesis. Mata kuliah konsentrasi antara lain: Eksplorasi dan Visualisasi Data, Pembelajaran Mesin, Analisis Data Spasial, Process Mining dan Data Mining.

Baca: Kurikulum konsentrasi Sains Data.

Pendaftar konsentrasi ini diharapkan dari lulusan S1 Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Statistika, Matematika dan disiplin lain yang serumpun, dengan IPK lebih dari 2,75 (skala 4). Prosedur pendaftaran dapat dibaca di sini.

Konsentrasi Sains Data menambah konsentrasi yang telah ada di Program Magister Teknik Informatika, yakni Informatika Medis, Forensika Digital dan Sistem Informasi Enterprise.