Reuni 212: Kekuatan Digital Semakin Terkonsolidasi

Ismail Fahmi, Ph.D,  Dosen Magister Teknik Informatika Program Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia / Founder Media Kernels Indonesia,

– – –

Bagaimana gambaran Reuni 212 dari pantauan Drone Emprit? Sejak beberapa hari menjelang acara, Drone Emprit telah memantau pergerakan kata kunci “Reuni 212” baik di Media Online maupun Media Sosial (Twitter). Ini hasilnya.

KONSOLIDASI YANG CEPAT

Di media online dan sosial, pecapakan yang menandakan persiapan acara tidak butuh waktu lama. Hanya beberapa hari menjelang hari H, percakapan mulai dari sayup-sayup kemudian mencapai puncak, terjadi dengan cepat.

Ismail Fahmi PhD - Reuni 212 Kekuatan Digital Semakin Terkonsolidasi – Magister Teknik Informatika - UII 11

SNA DAN NARASI MENJELANG REUNI

Sebelum Reuni, peta SNA memperlihatkan polarisasi yang kuat antara cluster pro-reuni dengan yang kontra. Kedua cluster ini adalah cluster yang sama dengan saat pilkada DKI yang lalu.

Ismail Fahmi PhD - Reuni 212 Kekuatan Digital Semakin Terkonsolidasi – Magister Teknik Informatika - UII. 9jpg

Mereka yang kontra dimotori oleh akun-akun yang sama dengan, nyaris tak banyak perubahan. Misalnya ada @GunRomli, @digembok, @kangdede78, @partaisocmed, dll. Sedangkan mereka yang pro reuni, dimotori oleh group MCA, seperti @maspiyuuu, @condetwarrior, @netizentofa, dll.

Ismail Fahmi PhD - Reuni 212 Kekuatan Digital Semakin Terkonsolidasi – Magister Teknik Informatika - UII 12Narasi yang diangkat oleh mereka yang kontra dengan aksi tampak jelas mewarnai top retweeted status. Yang paling populer adalah pernyataan Kapolri yang dilaporkan oleh kompascom bahwa reuni ini tidak akan jauh-jauh dari agenda politik.

Kemudian @digembok dan anggota clusternya, membangun asosiasi bahwa Reuni 212 ini didanai oleh Tommy Suharto. Menunjukkan kebangkitan orde baru dibalik segala aksi 212 ini.

Meski begitu, ada twit dari Kodamjaya, yang berisi foto anggota TNI sedang bersama peserta membersihkan sampah. Kodam mengajak agar publik tidak terbawa oleh hoax yang berkembang.

SNA DAN NARASI PADA HARI H: KONSOLIDASI DIGITAL

Bagaimana saat hari H? Jika pada aksi setahun yang lalu cluster yang kontra aksi seolah menghilang pada hari H, namun tidak pada saat Reuni 212 ini. Cluster yang kontra ini tetap besar yang memberi pandangan lain terhadap jalannya acara.

Ismail Fahmi PhD - Reuni 212 Kekuatan Digital Semakin Terkonsolidasi – Magister Teknik Informatika - UII 10

Sedangkan cluster yang pro, tampak jauh lebih besar. Dari akun-akun yang muncul, tampak begitu banyak akun baru dengan jumlah retweet yang besar. Anggota cluster ini juga berkembang lebih besar dari sebelumnya. Beda sekali dengan cluster yang kontra, dimana anggotanya belum banyak berubah.

Narasi berkembang saat hari H sangat jelas. Yaitu, tetap bersihnya Monas meski begitu banyak masa melakukan aksi. Tak tampak ada sampah sedikitpun, atau tanaman yang rusak.

Ismail Fahmi PhD - Reuni 212 Kekuatan Digital Semakin Terkonsolidasi – Magister Teknik Informatika - UII 2

CLOSING

Massa yang hadir seolah begitu menikmati aksi ini. Seperti rekreasi, dan bahkan banyak yang menjalaninya sebagai sebuah panggilan hati. Meski begitu ramai, mereka tetap menjaga hal-hal utama sperti kebersihan.

Ismail Fahmi PhD - Reuni 212 Kekuatan Digital Semakin Terkonsolidasi – Magister Teknik Informatika - UII 3Ini adalah kekuatan tersendiri. Semoga tidak berhenti di aksi lapangan, tetapi juga aksi riil misal dalam bentuk kekuatan baru di bidang ekonomi.

Dari sisi massa digital, aksi kemaren telah menunjukkan fakta bahwa kekuatan digital mereka semakin terkonsolidasi. Jumlah key opinion leader yang semakin banyak, pasukan yang semakin besar, ini tetntu menjadi kekuatan menakutkan yang harus dipertimbangkan oleh lawan-lawannya.