Standar, Audit Teknologi Informasi

(Makassar). Dr. R Teduh Dirgahayu, menjadi narasumber Kuliah Umum dengan tema Audit Teknologi Informasi, yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (FIKOM UMI). Kegiatan yang dibuka resmi oleh Yulita Salim, S.Kom., M.T, Ketua Jurusan dihadiri Dosen dan Mahasiswa FIKOM UMI dilaksanakan di Aula Lantai 4 Gedung Fakultas Ilmu Komputer UMI, Jl Urip Sumoharjo Km 5 Makassar, Panaikang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (14 Jumadal Akhirah 1438 H/13 Maret 2017)

Pusat Studi SIE - Standar Audit Teknologi Informasi.

Peneliti Pusat Studi Sistem Informasi Enterprise UII, Dr. R Teduh Dirgahayu, menjelaskan dalam paparannya bahwa “proses audit yang dimulai dari penugasan, dilanjutkan perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan tindak lanjut”

Terdapat standar dan panduan audit, diantaranya “audit charter, organisational indepence, professional indepence, reasonable expectation, due professional care, proficiency, asertions, criteria, engagement planning” jelas Dr. R Teduh Dirgahayu, yang juga menjabat Direktur Program Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.

Secara umum audit teknologi informasi adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Audit teknologi informasi ini dapat berjalan bersama-sama dengan audit finansial dan audit internal, atau dengan kegiatan pengawasan dan evaluasi lain yang sejenis

Rosmiati, S.Kom,. M.Kom., Alumni Magister Teknik Informatika PPs FTI UII konsentrasi Digital Forensik lulusan tahun 2016, tampak hadir pada kegiatan tersebut. Rosmiati, menyatakan sangat senang sekali dengan kegiatan tersebut” Harapannya semoga acara kuliah umum ini dapat berkelanjutan, tidak hanya di UMI namun juga di Universitas lainnya yang ada di Makassar. Selain itu materi kuliah umumnya juga dapat beragam seperti materi tentang forensika digital dan informatika medis, karena di makassar materi tersebut masih cukup asing” ujarnya seusai mengikuti kegiatan.

Jerri Irgo

Materi Kuliah Umum : Audit Teknologi Informasi