Teknologi Informasi, Tingkatkan Hunian Tamu Hotel

(Yogyakarta). Pemanfaatan Teknologi Informasi di sektor pariwisata oleh perhotelan sangat membantu memudahkan dan dapat memberikan kenyaman bagi para tamu hotel. “Saat melakukan pemesan kamar, hanya cukup dengan satu jari saja. hal itu memungkinkan dengan sebuah aplikasi yang dapat di download, para tamu hotel sekarang ini dapat memilih kamar mereka sendiri melalui ponselnya” ujar Soni Sumarsono yang selalu menggunakan aplikasi saat hunting hotel waktu traveling.

Teknologi Informasi Tingkatkan Hunian Tamu Hotel

Soni Sumarsono  ungkapkan ” saya merupakan satu dari jutaan tamu hotel yang lebih menginginkan dapat memilih kamar sendiri, jenis kamar ataupun dengan nomor kamar tertentu” ujar Alumni Prodi Teknik Informatika FTI UII ini melalui pesan singkatnya. Pilihan terakhir akan sangat signifikan bagi orang yang sering menginap di hotel dengan nomor kamar favorit mereka.

Hal tersebut menjadi pokok bahasan pada diskusi terbatas Kepala Pusat Studi Sistem Informasi Enterprise (SIE) dan Management Neo Malioboro Hotel Yogyakarta sebagai inisiasi kegiatan bersama. Hadir pada diskusi tersebut (01 Maret 2017), Dr. R. Teduh Dirgahayu, Kepala Pusat Studi SIE UII, Maji, GM Neo Malioboro Hotel, Herly Sulistyo, Owner Representative Neo Malioboro Hotel dan Jerri Irgo, Liaison Officer Program Pascasarjana & Marketing FTI UII.

Pada industri perhotelan, peningkatan nilai tambah bagi para tamu merupakan hal yang penting dan termasuk pemanfaatan teknologi informasi perhotelan yang mengikuti perkembangan jaman dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Teknologi Informasi, yang langsung digunakan para tamu hotel sudah selayaknya menjadi sebuah fokus baru pada industri perhotelan di Indonesia. Secara historis, Teknologi Informasi hotel sebelumnya berfokus untuk memberikan solusi kepada manajemen saja, namun setidaknya saat ini, manajemen baiknya dapat segera merespon cepat isu perkembangan teknologi informasi hotel untuk meningkatkan daya saing di era pelanggan terdigitalisasi.

Jerri Irgo.