Plant Tour, Proses Produksi Biscuit

kunjungan industri pps fti uii ke nissin

Mahasiswa Konsentrasi Sistem Informasi Enterprise (SIE) Magister Teknik Informatika dan Mahasiswa Magister Teknik Industri Program Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (PPs FTI UII), semester II dan III, melakukan kunjungan Industri ke PT Nissin Biscuit Indonesia di Ungaran Jawa Tengah.

Setelah diterima langsung oleh Erna, Public Relation di Nissin Emporium Cafe dan Resto, Rabu 28 September 2016. Delegasi PPs FTI UII melanjutkan Plant tour ke dalam pabrik melalui jalur khusus pengunjung melihat proses pembuatan wafer dan pembuatan cokies, mulai pemilahan bahan, pencampuran adonan (mixing), pengembangan adonan (proofing), pemotongan/pencetakan, pengovenan, hingga pengemasan.

Plant tour adalah metode pembelajaran menarik untuk memperkaya pengetahuan Mahasiswa, bagaimana proses produksi Nissin. Usai Plant tour dianjutkan diskusi yang dipimpin oleh Staf R&D Nissin Haniel Yudiar, STP, MSi.

PT Nissin di Ungaran sendiri merupakan salah satu pabrik dari Khong Guan group yang berpusat di Jakarta yang memproduksi 3 merk yaitu Nissin, Monde dan Khong Guan. Dari Ungaran, Jawa Tengah, PT Nissin Biscuit Indonesia telah memproduksi makanan-makanan ringan sejak tahun 1977. Kemasan produk biskuit melayani semua kalangan yaitu kemasan kecil sampai kemasan kaleng besar. Nissin memulai produksinya dengan brand Butter Coconut, Frychip, Honey, Aynako, dan Longer Stick. ”Sejalan dengan perkembangannya, Nissin semakin variatif memproduksi biskuit, kue, kerupuk, makanan ringan dan wafer,” jelasnya.

Sebelum kegiatan penutup, Dr. R Teduh Dirgahayu, Direktur Program Pascasarjana FTI UII menyampaikan “Terima kasih kepada PT Nissin yang telah memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk menambah wawasan pengetahuan dan serta pengalaman”. selanjutnya kegiatan ditutup dengan tukar cindera mata.

Jerri Irgo