Multimedia Forensics : Short Course dan Tutorial

pusfid
Forensika Digital adalah bidang ilmu yang relatif baru dan terus berkembang. Dalam beberapa hal perkembangan bidang forensika digital banyak dipengaruhi oleh para praktisi dibandingkan dengan para akedemisinya. Hal ini tidak lepas dari banyaknya tantangan yang dihadapi oleh para praktisi dalam menangani berbagai permasalahan cybercrime yang semakin variatif. Sebagai sebuah bidang ilmu, maka permasalahan yang dihadapi oleh para praktisi juga harus didukung dari aspek keilmuan dasarnya agar bisa memberikan wawasan yang lebih komprehensif dalam melakukan penangnanan cybercrime.

“Untuk kepentingan itu, maka Jurusan Teknik Informatika serta Program Magister Teknik Informatika FTI UII sebagai institusi pendidikan terdepan dalam bidang bidang forensika digital berusaha memfasilitasi upaya untuk penguatan ilmu serta peningkatawan wawasan pada bidang forensika digital melalui sejumlah program. Kegiatan ini diberi nama Digital Forensics Short Course and Tutorial (DFSCT).

Hal tersebut disampaikan Yudi Prayudi, S.Si, M.Kom, Kepala Pusat Studi Digital Forensik Universitas Islam Indonesia, dalam releasenya (20 Dzulhijjah 1437 H/23 September 2016)

Aktivitas yang akan dilaksanakan dalam kegiatan tersebut adalah (1) Short Course (8 sessi), berupa sharing pengetahuan tentang sejumlah topic dasar pada bidang multimedia forensics yang disampaikan oleh sejumlah pakar. (2) Tutorial, kegiatan berupa pelatihan image forensics yang diselenggarakan di laboratorium.

Adapun sasaran peserta dari kegiatan ini adalah dapat berlatar belakang sebagai berikut osen yang memiliki minat dan kompetensi pada bidang keamanan computer dan forensika digital serta bidang multimedia. Selain itu juga Mahasiswa S1-S2-S3 yang memiliki minat dan kompetensi pada bidang keamanan dan forensika digital serta para praktisi yang terkait dengan aktivitas forensika digital

“Kedepan akan semakin banyak kasus yang melibatkan barang bukti berupa konten multimedia. Untuk mengenal dan mendalami lebih lanjut segala aspek tentang multimedia forensics, maka Pusat Studi Forensika Digital UII (PUSFID) akan mengadakan Digital Forensics Short Course and Tutorial (DFSCT) Multimedia Forensics (Image-Audio-Video Forensics), pada tanggal 7-8 Oktober di FTI UII” pungkasnya

Bagi yang berminat silahkan lihat info lebih lanjut pada alamat : Multimedia Forensics

Jerri Irgo