Analisis Kinerja dan Kapasitas Sistem Ujian Berbasis Web Dari Perspektif Pihak Pengelola

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kematangan pada proses internal terkait layanan sistem ujian berbasis web di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dengan menggunakan framework COBIT pada domain kontrol Manage Performance Capacity (DS-3)., telah dilakukan oleh Angga Prasetyo sebagai syarat tugas akhirnya untuk menyelesaikan studi S2-nya di Magister Teknik Informatika PPs FTI UII.

Kendala yang muncul berulang-ulang yang ketika pengguna mengakses sistem ujian menjadi dasar bahwa ada dugaan jika dalam pengelolaan terdapat proses internal yang tidak berjalan semestinya, untuk mengetahui dibutuhkan suatu metode kematangan. Pederiva yang secara singkat memberikan nilai compliance dari setiap pernyataan disetiap level kematangan mulai dari level 0 (non-existent) hingga level 5 (optimized).

Skenario selanjutnya yaitu mencari tingkat kematangan yang berimbang dari kontrol domain, jika terdapat nilai yang tidak berimbang maka ada ketimpangan antara kontrol domain dalam menjalankan proses internal layanan. Dari hasil penghitungan terdapat kontrol domain yang tidak berimbang yaitu DS-3.3 dan DS-3.4 pada kondisi level 2 (berulang), sehingga untuk menyeimbangkan kondisi proses internal perlu diberikan rekomendasi pada pihak yang memiliki wewenang mengelola sistem ujian.

Setelah rekomendasi tercapai dan agar proses lebih baik lagi maka perlu ada peningkatan kematangan dari level 3 menjadi 4. Seluruh hasil analisa menyatakan bahwa kondisi kematangan DS-3,3 dan DS-3.4 perlu lebih ditingkatkan dengan memberikan rekomendasi pada proses layanan internal.

Jerri Irgo