Wahyu Widodo, Kembangkan Perangkat Lunak pada Virtual Development Team.

Kaliurang (PPs FTI UII). Satu lagi, Mahasiswa Program Pascasarjana FTI UII meraih prestasi, Wahyu Widodo, sukses membukukan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,75 dengan predikat cum laude pada wisuda periode III Tahun Akademik (TA) 2015/2016 bertempat di Auditorium Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII pada Sabtu (11 Jumadil Awwal 1437 H / 20 Februari 2016).

Evaluasi Proses Pengembangan Perangkat Lunak Pada Virtual Development Team Menggunakan CMMI Versi 1.3 yang mengantarkan Dosen STIMIK El Rahma Yogyakarta mendapatkan gelar Magister Komputer (M.Kom).

Wahyu Widodo menyampaikan “Proses pengembangan perangkat lunak menggunakan cara outsourcing pada Virtual Development Team (VDT) memiliki banyak kelebihan diantaranya biaya produksi lebih murah, tersedia banyak tenaga ahli, dan waktu lebih kompetitif. Namun demikian banyak temuan resiko yang berdampak pada kualitas produk perangkat lunak yang dihasilkan.”

“Untuk mengetahui tingkat kapabilitas pada tahapan proses pengembangan perangkat lunak pada VDT dilakukan evaluasi proses dengan menggunakan CMMI for Development versi 1.3” ungkapnya.

Dalam melakukan evaluasi menggunakan pendekatan representasi continuous dengan memilih area proses pada level 2 yang sesuai dengan siklus pengembangan perangkat lunak pada lingkungan virtual. Pengambilan data responden dilakukan dengan menggunakan kuisioner online pada freelancer yang tergabung dalam agen kontraktor upwork.com.

Hasil dari penelitian ini terdapat 13 praktik spesifik dari lima area proses yang nilainya belum tercapai dan kesimpulan yang diperoleh Wahyu Widodo adalah “permintaan perubahan kebutuhan client saat proses pengembangan perangkat lunak sering terjadi, hal ini dapat diantisipasi dengan cara membuat perencanaan proyek yang matang dan mencatat semua perubahan dalam repository proyek”.

Jerri Irgo