Hanson raih Certified Tester Fundamental Level (CTFL)

Kaliurang (PPs FTI UII). Sertifikasi Keahlian Profesional adalah untuk mendukung proses pembelajaran keahliannya. Secara prinsip kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas dan memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan. Salah satu dosen Teknik Informatika FTI UII, Hanson Prihantoro Putro, ST, MT, baru saja mengikuti pelatihan dan sertifikasi internasional tentang software testing.

“Alhamdulillah, lulus dan meraih Certified Tester Fundamental Level (CTFL) dari International Software Quality Institute (iSQI).” Ungkapnya diruang kerjanya sebagai Koordinator Bidang Keilmuan Magiter Teknik Informatika Program Pascasarjana FTI UII. (13 Jumadil Awwal 1437 H / 18 Februari 2016).

iSTQI yang berpusat di Postdam, Jerman ini merupakan sebuah institusi internasional yang menyediakan berbagai pelatihan dan sertifikasi dalam bidang rekayasa perangkat lunak (software engineering), khususnya terkait kualitas sebuah perangkat lunak.

Sertifikasi CTFL merupakan sertifikasi pengujian dasar sebuah perangkat lunak yang merupakan bagian penting dari proses quality assurance di banyak perusahaan enteprise. Sertifikasi dari iSQI ini juga penting bagi para seorang software engineer untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang dihasilkan adalah sebuah perangkat lunak yang berkualitas.

Dengan memegang CTFL, Hanson diharapkan mampu memajukan salah satu kelompok keilmuan di Teknik Informatika yaitu Rekayasa Perangkat Lunak. Hal ini sejalan dengan bidang minatnya dalam pengembangan Sistem Informasi Enteprise (SIE).

“Cukup menantang, 40 soal tentang konsep dan kasus software testing diujikan dalam waktu 1 jam. Ujian sertifikasinya dilaksanakan di Jakarta dengan penyelenggara Pearson VUE, bekerja sama dengan Brainmatics Jakarta pada hari Jumat ini (3 Jumadil Awwal 1437 H/12 Februari 2016),” ujar Hanson

Jerri Irgo