Inisiasi Kerjasama STMIK Adhi Guna dan PPs FTI UII.

Kaliurang, (UII News). Penelitian Syaiful Hendra Tanjung, S.Kom., M.Kom dengan judul Fungsi Similaritas Pada Sistem Berbasis Kasus Penyelesaian Masalah Akademik Mahasiswa dan Hajra Rasmita Ngemba., S.Kom.,MM., M.Kom, dengan judul Model Inferensi Sistem Pendukung Keputusan Pathway Klinik Asuhan Keperawatan Bronchopneumonia, dipresentasikan oleh kedua Dosen STMIK Adhi Guna Palu Sulawesi Tengah saat Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed) yang diselenggarakan Pusat Studi Informatika Medis (PSIMed) Magister Teknik Informatika PPs FTI UII dan RSU Islam Harapan Anda Tegal di Gedung Mohammad Hatta Kampus Terpadu UII (22 Safar 1437 H / 5 Desember 2015).

Penelitian Syaiful Hendra Tanjung ini mengusulkan salah satu pendekatan dalam identifikasi masalah akademik mahasiswa yaitu dengan pendekatan algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN). Dalam sistem berbasis kasus penyelesaian masalah akademik mahasiswa yang dibangun, fungsi similaritas dari algoritma K-NN merupakan salah satu hal yang terpenting untuk menentukan nilai kemiripan antara kasus-kasus yang tersimpan di dalam basis kasus dengan kasus baru yang akan dicari solusinya. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa fungsi similaritas pada algoritma K-NN dapat digunakan dalam menentukan nilai kedekatan antara kasus baru terhadap kasus lama.
Sedangkan Hajra Rasmita Ngemba menelaah tentang bronchopneumonia yaitu salah satu jenis pneumonia yang mempunyai pola penyebaran berbecak, teratur, dalam satu atau lebih area terlokalisasi di dalam bronchi dan meluas ke parenkim paru8. Riskesdes tahun 2007 menyatakan bahwa penyakit ini merupakan penyebab kematian balita tertinggi kedua setelah diare. Untuk mengurangi angka kematian tersebut Millenium Development Goal 4 menargetkan angka kematian balita menurun duapertiga di tahun 2015.

“Peranan seorang perawat sangat penting dalam kasus ini, pathway klinik bronchopneumonia menjadi pedoman bagi tenaga perawat dalam menegakkan asuhan keperawatan sesuai dengan NANDA, NIC dan NOC. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah model inferensi yang dapat dikembangkan menjadi sebuah sistem pendukung keputusan klinis dalam penegakkan askep pasien bronchopneumonia. Penalaran dalam penelitian ini menggunakan rule base dengan metode forward chaining. Basis pengetahuan diambil dari aturan pathway klinik bronchopneumonia” ungkap Hajra Rasmita Ngemba

Selain mempresentasikan hasil penelitian, juga melakukan inisiasi dan silaturrahmi ke Pimpinan FTI UII dalam rangka melakukan penjajakan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Rombongan STMIK Adhi Guna diterima oleh Dr. Imam Djati Widodo, Dekan FTI UII didampingi Dr Sri Kusumadewi, Wakil Dekan FTI UII, Dr R Teduh Dirgahayu, Direktur PPs FTI UII dan Hanson Prihantoro Putro, ST, MT, Koordinator Bidang Keilmuan Magister Teknik Informatika PPs FTI UII.

“Kami dari kampus yang berada di Indonesia Tengah ingin bersinergi dengan kampus besar seperti UII dan mohon kesediaan dari Dosen di FTI UII khususnya Dosen Senior untuk berkenan menjadi riviewer di jurnal kami serta mengajarkan bagaimana membuat conference seperti SNIMed” tutur Syaiful Hendra Tanjung dipenghujung silaturahmi