Jurusan Teknik Informatika Menjadi Inisiator Pembentukan AFDI

Bertempat di Gedung Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat pada Tanggal 17 November 2015 yang lalu, Menteri Kominfo Rudiantara bersama dengan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Pol. Dr. Anang Iskandar membuka Kick Off Pembentukan Asosiasi Forensik Digital Indonesia (AFDI).

Suatu kehormatan bagi Jurusan Teknik Informatika UII, karena pada momen bersejarah ini diberi kesempatan untuk memberikan paparan singkat dengan tema “Digital Forensics dalam Perspektif Akademik” yang sampaikan oleh Direktur Pusat Studi Forensika Digital UII Yudi Prayudi. Dalam presentasinya, Yudi Prayudi memberikan pandangan domain Forensik Digital dalam dunia akademik termasuk di dalamnya mengenalkan profil kluster Forensika Digital UII dan beberapa hasil karya mahasiswa dalam bentuk penelitian maupun produk piranti lunak khusus bidang Forensik Digital.

Dalam perjalanan terbentuknya AFDI, Jurusan Teknik Informatika yang diwakili bapak Yudi Prayudi dan Ahmad Luthfi telah dipercaya untuk menjadi tim insiator bersama-sama dengan Direktorat Keamanan Informasi Kominfo, AKBP Muhammad Nuh Al-Azhar (Kasubdid Komputer Forensik Puslabfor Mabes Polri) yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua AFDI periode 2015-2019, Ruby Alamsyah (Senior Digital Forensics Analyst), Universitas Gunadarma, dan Telkom University.

kick-off-afdi

Diberitakan di Teknik Informatika UII