PPs FTI UII dan Tirtoadi, Desain Kembangkan BUMDes

1503-lurah_tirtoadi-1Kardjono, Kepala Desa Tirtoadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan “Pemerintah Desa Tirtoadi akan terus mengembangkan potensi desa bersama-sama multi stakeholder diantaranya Perguruan Tinggi”.

Hal tersebut disampaikannya melalui pesan singkatnya (22/2/2015) terkait tindak lanjut kunjungan silaturahmi Dr R Teduh Dirgahayu., S.T., M.Sc, Direktur Program Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (PPs FTI UII) didampingi Agus Mansur, ST., M.Eng.Sc., sekretaris PPs FTI UII, di ruang kerjanya (23/1/2015)

Sebelumnya Kardjono bersama Mamok, panggilan Hendratmo, Local Regional Economic Development Consultant, telah lebih dulu melakukan kunjungan ke PPs FTI UII (15/1/2105) untuk membahas pendalaman kerjasama Public Private Partnership (PPP) yang telah dilakukan antara Pemerintah Desa Tirtoadi dan PPs FTI UII.

Sebagaimana dalam diskusi tersebut mengembangkan Public Private Partnership (PPP) sangat terkait erat dengan Undang Undang Desa No 6 Tahun 2014, yang di antaranya membutuhkan peningkatan kapasitas aparat desa agar pelaksanaan pembangunan bisa benar-benar efektif dan tepat sasaran serta dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Selain itu juga sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa, maka perlu dilakukan pengembangan Badan Usaha Milik Desa, atau disingkat BUMDes, yang merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa dan berbadan hukum.

Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari Pemerintah Desa, tabungan masyarakat, bantuan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, pinjaman, atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan. Badan Usaha Milik Desa dapat melakukan pinjaman, yang dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan BPD.

1503-lurah_tirtoadi-2